Minggu, 13 April 2014

RPP SMP Kelas VII Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran             : IPA   
Kelas / Semester          : VII/1
Topik                           : Klasifikasi makhluk hidup
Subtopik                      : Klasifikasi    
Alokasi waktu              : 3 jam @ 40 menit

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tangungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosialdan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (mengunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori/teori.
B.     Kompetensi Dasar
1.1.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, tanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.   
2.2.Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.2.Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.
3.3.Memahami prosedur pengklasifikasikan Makhluk hidup dan benda-benda tak hidup sebagai bagian kerja ilmiah serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak hidup berdasarkan ciri yang diamati.
4.2.Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (Makhluk) hidup dan tak hidup.
4.3.Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar.

C.     Indikator Pencampaian Kompetensi
1.      Mengidentifikasi tumbuhan dan hewan yang ada dilingkungan
2.      Menunjukkan ketekunan, dan tanggung jawab, saling menghargai, dalam kegiatan belajar, baik secara individu maupun kelompok.
3.      Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan hasil observasi.
4.      Melakukan pengamatan dilingkungan sekitar sekolah tentang klasifikasi tumbuhan dan hewan
5.      Menjelaskan pengertian klasifikasi makhluk hidup
6.      Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup
7.      Menjelaskan manfaat klasifikasi makhluk hidup
8.      Menentukan langkah-langkah pengklasifikasikan tumbuhan dan hewan

D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan dan hewan yang ada dilingkungan
2.      Siswa dapat menunjukkan ketekunan, dan tanggung jawab, saling menghargai, dalam kegiatan belajar, baik secara individu maupun kelompok.
3.      Siswa dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan hasil observasi.
4.      Siswa dapat melakukan pengamatan dilingkungan sekitar sekolah tentang klasifikasi tumbuhan dan hewan
5.      Siswa dapat menjelaskan pengertian klasifikasi makhluk hidup
6.      Siswa dapat menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup
7.      Siswa dapat menjelaskan manfaat klasifikasi makhluk hidup
8.      Siswa dapat menentukan langkah-langkah pengklasifikasikan tumbuhan dan hewan


E.     Materi Pembelajaran
Klasifikasi makhluk hidup merupakan cara pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup. Semakin banyak perbedaan dari 2 jenis makhluk hidup semakin jauh kekerabatannya. Sebaliknya semakin banyak persamaan dari 2 jenis makhluk hidup semakin dekat kekerabatannya.
Tujuan umum klasifikasi adalah mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Dengan kata lain tujuan klasifikasi yaitu:
1.       Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki
  1. Mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain
  2. Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
  3. Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya
Dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
1.      Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan yang di milikinya.
2.      Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri bentuk tubuh ( morfologi ) dan alat dalam tubuh ( anatomi ).
3.      Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan manfaat, ukuran, tempat hidup, dan cara hidupnya

Dalam pengelompokkan dan pemberian nama makhluk hidup didasarkan pada ciri-ciri yang dimiliki, dan diterapkan sistem-sistem tertentu sehingga muncul istilah sistematika, sampai saat ini dikenal 3 sistem klasifikasi yaitu :
a.       Sistem alami ; takson yang terbentuk merupakan anggota sewajarnya diklasifikasikan dalam satu kelompok seperti dikehendaki oleh alam, terutama berdasarkan ciri-ciri morfologinya.
b.      Sistem artifisial ; pengelompokan berdasarkan tujuan praktis, misalnya tumbuhan obat-obatan
c.       Sistem filogenetis ; pengelompokkan berdasarkan jauh dekatnya kekerabatan dan urutan perkembangan makhluk hidup menurut sejarah filogenetiknya. Muncul setelah berkembangnya teori evolusi.
Langkah-langkah pengklasifikasian makhluk hidup
1.      Mengidentifikasi objek berdasar ciri-ciri struktur tubuh makhluk hidup, misalnya, hewan atau tumbuhan yang sama jenis atau spesiesnya.
2.      Setelah kelompok spesies terbentuk, dapat dibentuk kelompok-kelompok lain dari urutan tingkatan klasifikasi sebagai berikut:
a.    Dua atau lebih spesies dengan ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson genus.
b.   Beberapa genus yang memiliki ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson famili.
c.    Beberapa famili dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson ordo.
d.   Beberapa ordo dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson kelas.
e.    Beberapa kelas dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson filum (untuk hewan) atau divisio (untuk tumbuhan).

     Dengan cara tersebut terbentuklah urutan hierarki atau tingkatan klasifikasi makhluk hidup. Urutan klasifikasi dari tingkatan yang terbesar hingga terkecil adalah sebagai berikut:
1.   kingdom  (kerajaan)
2. divisio atau filum
3. kelas (classis)
4. ordo (bangsa)
5. famili (suku)
6. genus (marga)
7. spe
cies (jenis)

Tata Nama Makhluk hidup
                        Aturan penamaan baku bagi semua makhluk hidup (organisme) yang terdiri dari dua kata dari sistem taksonomi, dengan mengambil nama genus dan nama spesies. Nama yang dipakai adalah nama baku yang diberikan dalam bahasa Latin atau bahasa lain yang dilatinkan.
                          Menurut aturan Kode Internasional Tata Nama Hewan dan Tumbuhan, setiap jenis mahkluk hidup dapat digolongkan pada kelompok tertentu. Setiap jenis mahkluk hidup yang sudah dikenal diberi nama ilmiah yang terdiri dari dua suku kata. Pemberian nama dengan dua suku kata ini dikenal sebagai binomial nomenklatur. Sistem ini pertama diperkenalkan oleh Carolus Linneaus. Suku kata pertama merupakan nama genus (marga), suku kata kedua merupakan penunjuk spesies (jenis). Huruf pertama suku kata pertama ditulis dengan huruf kapital, sedangkan huruf selanjutnya ditulis dengan huruf kecil. Penulisan nama ilmiah dibedakan dari penulisan teks lainnya. Misalnya, jika teks dicetak tegak, nama ilmiah dicetak miring. Sebaliknya, jika teks dicetak miring, nama ilmiah dicetak tegak. Jika ditulis tangan, nama ilmiah ditulis dengan diberi garis bawah agar mudah dikenali. Contoh penulisan nama ilmiah mahkluk hidup antara lain Oryza sativa (padi) dan Felis domestica (kucing).

F.      Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                        : Scientific
2.      Metode                  : Pengamatan dan diskusi
3.      Model                    : Problem Based Learning (PBL)

G.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
langkah-langkah model pembelajaran PBL
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Orientsi siswa pada masalah
1.      Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami klasifikasi makhluk hidup
dan memberikan gambaran tentang manfaat klasifikasi dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana cara mengelompokan tumbuhan dan hewan
20 menit
Mengorganisasi siswa dalam belajar
1.      Siswa membentuk kelompok sesuai arahan guru
2.  Siswa menerima LKS dan bersiap melakukakan pengamatan dilingkungan alam sekolah

Kegiatan Inti
Membimbing dalam mengidentifikasi masalah



1.        Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan
2.        Siswa melakukan pengamatan tentang pengelompokkan makhluk hidup (tumbuhan dan hewan) dilingkungan alam sekolah dan berdiskusi dengan kelompoknya.
3.        Mengelompokkan data dari hasil pengamatan
4.        Diskusi tentang klasifikasi tumbuhan dan hewan
5.        Membuat kesimpulan
6.        Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan di depan kelas
(diskusi kelas)
Dan guru memberikan penguatan  dengan tambahan informasi

80 menit
















Penutup

1.      Siswa dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran
2.      Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi penghargaan
3.      Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa
4.      Mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan tugas (PR) untuk pembelajaran berikutnya
20 menit

H.    Media, Alat Dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                         : Lingkungan alam sekolah, gambar, LKS
2.      Alat dan bahan                       : Alat tulis, Tumbuhan dan Hewan dilingkungan sekolah
3.      Sumber belajar            :
a.       Buku IPA SMP Kelas VII
b.      Buku IPA lain yang relevan
c.       Lingkungan sekitar
d.      LKS





I.         Penilaian Hasil Belajar
1.      Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Penilaian Sikap dan prilaku
Lembar pengamatan dan rubric
Penilaian pengetahuan (kognitif)
Tes soal Uraian

2.      Contoh Instrumen
a.       Pengamatan Sikap

No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Keterangan
1
2
3
1







2







3







4







.







.

























b.      Rubik penilaian
NO
Aspek Yang Dinilai
Rubik Penilaian
1
Ketepatan dalam pengelompokkan hewan dan tumbuhan
1.  Cara mengelompokkan hewan dan tumbuhan benar
2.  Cara mengelompokkan hewan dan tumbuhan kurang tepat
2
Hasil pengamatan
1.      Hasilnya tepat
2.      Hasilnya kurang tepat
3
Sistematika laporan
1.      Laporan baik dan lengkap
2.      Laporan kurang lengkap

c.       Pengamatan Perilaku
No.
Aspek yang dinilai
1
2
3
Keterangan
1.
Rasa ingin tahu




2.
Kerjasam dalam kelompok




3.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4.
Keterampilan berkomunikasi saat belajaar






d.      Rubrik Penilaian Sikap
No.
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
1.      Tidak menunjukkan antusia dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok.
2.      Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika diminta guru
3.      menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan pengamatan dan kelompok
2.
Ketelitian/kecermatan
1.      Tidak mau mengamati permasalahan dan tidak mau mencari pemecahannya
2.      Mengamati permasalahan dengan cermat tetapi kurang berusaha dengan sungguh-sungguh mencari pemecahan
3.      Mengamati permasalahan dengan cermat dan berusaha dengan sungguh-sungguh mencari pemecahan
3.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja, baik individu maupun kelompok
1.      Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugas tidak selesai
2.      Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaikknya
3.      Tekun dalam dengan hasil terbiaik yang bias dilakukan, berupaya tepat waktu
4.
Berkomunikasi
1.      Aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan, kurang menghargai pendapat siswa lain
2.      Aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan, menghargai pendapat siswa lain
3.      Aktif dalam Tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, dan menghargai pendapat siswa lain.



3.      Instrumen soal pengetahuan
Soal uraian :
1.      Apa yang dimaksud dengan klasifikasi ?
2.      Apa tujuan diadakan pengelompokkan makhluk hidup?
3.      Jelaskan langkah-langkah pengelompokkan makhluk hidup?
4.      Sebutkan 3 sistem klasifikasi yang dipakai dalam pengelompokkan makhluk hidup?
5.      Jelaskan dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup?
Jawaban:
1.      adalah pengelompokan aneka jenis hewan atau tumbuhan ke dalam kelompok tertentu.
2.      Tujuan dari pengelompokkan makhluk hidup adalah:
a.       mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki
b.      mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain
c.       mengetahui hubungan kekerabatan antarmakhluk hidup
d.      memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya
3.      Langkah-langkah:
a.       Mengidentifikasi objek berdasar ciri-ciri struktur tubuh makhluk hidup, misalnya, hewan atau tumbuhan yang sama jenis atau spesiesnya.
b.      Setelah kelompok spesies terbentuk, dapat dibentuk kelompok-kelompok lain dari urutan tingkatan klasifikasi sebagai berikut:
                                                                          1.      Dua atau lebih spesies dengan ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson genus.
                                                                          2.      Beberapa genus yang memiliki ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson famili.
                                                                          3.      Beberapa famili dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson ordo.
                                                                          4.      Beberapa ordo dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson kelas.
Beberapa kelas dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson filum (untuk hewan) atau divisio (untuk tumbuhan).
4.      Tiga sistem klasifikasi yaitu:
a.       Sistem artifisial / buatan
b.      Sistem natural / alami
c.       Sistem modern / filogenetik
5.      a. Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan yang di milikinya.
b. Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri bentuk tubuh ( morfologi ) dan alat adalam tubuh ( anatomi ).
c. Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan manfaat, ukuran, tempat hidup, dan cara hidupnya




4.      Rubik penilaian
No
Uraian
Skor
Skor maksimal
1
-     Jika jawaban benar
-     Jika jawaban benar setengah
-     Jika Jawaban salah
10
5
0
10
2
-     Jika jawaban benar
-     Jika jawaban benar setengah
-     Jika Jawaban salah
25
12,5
0
25
3
-     Jika jawaban benar
-     Jika jawaban benar setengah
-     Jika Jawaban salah
25
12,5
0
25
4
-     Jika jawaban benar
-     Jika jawaban benar setengah
-     Jika Jawaban salah
10
5
0
10
5
-     Jika jawaban benar
-     Jika jawaban benar setengah
-     Jika Jawaban salah
30
15
0
30

Total
100
100