RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII/1
Topik : Klasifikasi makhluk hidup
Subtopik : Klasifikasi
Alokasi waktu : 3 jam @ 40 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tangungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosialdan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah
konkret (mengunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori/teori.
B. Kompetensi
Dasar
1.1.
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.Menunjukkan perilaku
ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, tanggung
jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi.
2.2.Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.2.Mengidentifikasi
ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitar.
3.3.Memahami prosedur
pengklasifikasikan Makhluk hidup dan benda-benda tak hidup sebagai bagian kerja
ilmiah serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak
hidup berdasarkan ciri yang diamati.
4.2.Menyajikan
hasil analisis data observasi terhadap benda (Makhluk) hidup dan tak hidup.
4.3.Mengumpulkan
data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, klasifikasi terhadap
benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar.
C.
Indikator
Pencampaian Kompetensi
1. Mengidentifikasi tumbuhan dan hewan yang ada dilingkungan
2.
Menunjukkan ketekunan, dan tanggung jawab, saling
menghargai, dalam kegiatan belajar, baik secara individu maupun kelompok.
3.
Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan
mengkomunikasikan hasil observasi.
4.
Melakukan pengamatan dilingkungan sekitar sekolah tentang
klasifikasi tumbuhan dan hewan
5.
Menjelaskan pengertian klasifikasi makhluk hidup
6.
Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup
7.
Menjelaskan manfaat klasifikasi makhluk hidup
8.
Menentukan langkah-langkah pengklasifikasikan tumbuhan
dan hewan
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan dan hewan yang ada dilingkungan
2. Siswa dapat
menunjukkan ketekunan, dan tanggung jawab, saling menghargai, dalam kegiatan
belajar, baik secara individu maupun kelompok.
3. Siswa dapat
menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan hasil
observasi.
4. Siswa dapat
melakukan pengamatan dilingkungan sekitar sekolah tentang klasifikasi tumbuhan
dan hewan
5. Siswa dapat
menjelaskan pengertian klasifikasi makhluk hidup
6. Siswa dapat
menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup
7. Siswa dapat
menjelaskan manfaat klasifikasi makhluk hidup
8. Siswa dapat
menentukan langkah-langkah pengklasifikasikan tumbuhan dan hewan
E.
Materi
Pembelajaran
Klasifikasi
makhluk hidup merupakan cara pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan
dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup. Semakin banyak perbedaan dari 2
jenis makhluk hidup semakin jauh kekerabatannya. Sebaliknya semakin banyak
persamaan dari 2 jenis makhluk hidup semakin dekat kekerabatannya.
Tujuan umum klasifikasi adalah mempermudah mengenali,
membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Dengan kata lain tujuan klasifikasi
yaitu:
1. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan
ciri-ciri yang dimiliki
- Mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain
- Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
- Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya
Dasar-dasar
klasifikasi makhluk hidup
1.
Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan dan
perbedaan yang di milikinya.
2.
Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri bentuk tubuh (
morfologi ) dan alat dalam tubuh ( anatomi ).
3.
Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan manfaat, ukuran,
tempat hidup, dan cara hidupnya
Dalam
pengelompokkan dan pemberian nama makhluk hidup didasarkan pada ciri-ciri yang
dimiliki, dan diterapkan sistem-sistem tertentu sehingga muncul istilah
sistematika, sampai saat ini dikenal 3 sistem klasifikasi yaitu :
a.
Sistem alami ; takson yang terbentuk merupakan anggota
sewajarnya diklasifikasikan dalam satu kelompok seperti dikehendaki oleh alam,
terutama berdasarkan ciri-ciri morfologinya.
b.
Sistem artifisial ; pengelompokan berdasarkan tujuan
praktis, misalnya tumbuhan obat-obatan
c.
Sistem filogenetis ; pengelompokkan berdasarkan jauh
dekatnya kekerabatan dan urutan perkembangan makhluk hidup menurut sejarah
filogenetiknya. Muncul setelah berkembangnya teori evolusi.
Langkah-langkah
pengklasifikasian makhluk hidup
1.
Mengidentifikasi objek berdasar ciri-ciri struktur
tubuh makhluk hidup, misalnya, hewan atau tumbuhan yang sama jenis atau
spesiesnya.
2.
Setelah kelompok spesies terbentuk, dapat
dibentuk kelompok-kelompok lain dari urutan tingkatan klasifikasi sebagai
berikut:
a.
Dua atau
lebih spesies dengan ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson genus.
b.
Beberapa
genus yang memiliki ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson famili.
c.
Beberapa
famili dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson ordo.
d.
Beberapa
ordo dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson kelas.
e.
Beberapa
kelas dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson filum
(untuk hewan) atau divisio (untuk tumbuhan).
Dengan cara tersebut terbentuklah urutan hierarki atau
tingkatan klasifikasi makhluk hidup. Urutan klasifikasi dari tingkatan yang
terbesar hingga terkecil adalah sebagai berikut:
1. kingdom (kerajaan)
2. divisio atau filum
3. kelas (classis)
4. ordo (bangsa)
5. famili (suku)
6. genus (marga)
7. species (jenis)
2. divisio atau filum
3. kelas (classis)
4. ordo (bangsa)
5. famili (suku)
6. genus (marga)
7. species (jenis)
Tata Nama
Makhluk hidup
Aturan
penamaan baku bagi semua makhluk hidup (organisme) yang terdiri dari dua kata
dari sistem taksonomi, dengan mengambil nama genus dan nama spesies. Nama yang
dipakai adalah nama baku yang diberikan dalam bahasa Latin atau bahasa lain
yang dilatinkan.
Menurut aturan Kode Internasional
Tata Nama Hewan dan Tumbuhan, setiap jenis mahkluk hidup dapat digolongkan pada
kelompok tertentu. Setiap jenis mahkluk hidup yang sudah dikenal diberi nama
ilmiah yang terdiri dari dua suku kata. Pemberian nama dengan dua suku kata ini
dikenal sebagai binomial nomenklatur.
Sistem ini pertama diperkenalkan oleh Carolus
Linneaus. Suku kata pertama merupakan nama genus (marga), suku kata kedua
merupakan penunjuk spesies (jenis). Huruf pertama suku kata pertama ditulis
dengan huruf kapital, sedangkan huruf selanjutnya ditulis dengan huruf kecil. Penulisan nama
ilmiah dibedakan dari penulisan teks lainnya. Misalnya, jika teks dicetak
tegak, nama ilmiah dicetak miring. Sebaliknya, jika teks dicetak miring, nama
ilmiah dicetak tegak. Jika ditulis tangan, nama ilmiah ditulis dengan diberi
garis bawah agar mudah dikenali. Contoh penulisan nama ilmiah mahkluk hidup
antara lain Oryza sativa (padi) dan Felis domestica (kucing).
F.
Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Scientific
2.
Metode : Pengamatan dan diskusi
3.
Model : Problem Based Learning
(PBL)
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
langkah-langkah model pembelajaran PBL
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Orientsi
siswa pada masalah
|
1.
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami
klasifikasi makhluk hidup
dan
memberikan gambaran tentang manfaat klasifikasi dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai
bagaimana cara mengelompokan tumbuhan dan hewan
|
20 menit
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
1.
Siswa
membentuk kelompok sesuai arahan guru
2.
Siswa
menerima LKS dan bersiap melakukakan pengamatan dilingkungan alam sekolah
|
|
|
Kegiatan Inti
|
Membimbing dalam mengidentifikasi masalah
|
1.
Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan
2.
Siswa
melakukan pengamatan tentang pengelompokkan makhluk hidup (tumbuhan dan
hewan) dilingkungan alam sekolah dan berdiskusi dengan
kelompoknya.
3.
Mengelompokkan data dari hasil pengamatan
4.
Diskusi tentang klasifikasi tumbuhan dan hewan
5.
Membuat kesimpulan
6.
Siswa
menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan di depan
kelas
(diskusi
kelas)
Dan guru memberikan penguatan dengan tambahan informasi
|
80 menit
|
|
|||
Penutup
|
|
1.
Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran
2.
Kelompok
siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi penghargaan
3.
Guru
melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari
siswa
4.
Mengakhiri kegiatan
belajar dengan memberikan tugas (PR) untuk pembelajaran berikutnya
|
20 menit
|
H.
Media, Alat
Dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Lingkungan alam sekolah, gambar, LKS
2.
Alat dan bahan : Alat tulis, Tumbuhan dan Hewan
dilingkungan sekolah
3.
Sumber belajar :
a.
Buku
IPA SMP Kelas VII
b.
Buku
IPA lain yang relevan
c.
Lingkungan
sekitar
d.
LKS
I.
Penilaian Hasil
Belajar
1. Metode dan Bentuk
Instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Penilaian Sikap dan prilaku
|
Lembar pengamatan dan rubric
|
Penilaian pengetahuan (kognitif)
|
Tes soal Uraian
|
2. Contoh Instrumen
a.
Pengamatan Sikap
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
.
|
|
|
|
|
|
|
|
.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Rubik penilaian
NO
|
Aspek Yang Dinilai
|
Rubik Penilaian
|
1
|
Ketepatan dalam pengelompokkan hewan dan
tumbuhan
|
1. Cara mengelompokkan hewan dan tumbuhan benar
2. Cara mengelompokkan hewan dan tumbuhan kurang
tepat
|
2
|
Hasil pengamatan
|
1. Hasilnya tepat
2. Hasilnya kurang tepat
|
3
|
Sistematika laporan
|
1. Laporan baik dan lengkap
2. Laporan kurang lengkap
|
c.
Pengamatan
Perilaku
No.
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
Keterangan
|
1.
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
2.
|
Kerjasam dalam kelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4.
|
Keterampilan berkomunikasi saat belajaar
|
|
|
|
|
d.
Rubrik
Penilaian Sikap
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
1.
Tidak menunjukkan
antusia dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok.
2.
Menunjukkan rasa
ingin tahu, namun tidak terlalu antusias dan baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok ketika diminta guru
3.
menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan pengamatan
dan kelompok
|
2.
|
Ketelitian/kecermatan
|
1.
Tidak mau
mengamati permasalahan dan tidak mau mencari pemecahannya
2.
Mengamati permasalahan
dengan cermat tetapi kurang berusaha dengan sungguh-sungguh mencari pemecahan
3.
Mengamati permasalahan
dengan cermat dan berusaha dengan sungguh-sungguh mencari pemecahan
|
3.
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan
bekerja, baik individu maupun kelompok
|
1.
Tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugas tidak selesai
2.
Berupaya tepat
waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaikknya
3.
Tekun dalam
dengan hasil terbiaik yang bias dilakukan, berupaya tepat waktu
|
4.
|
Berkomunikasi
|
1.
Aktif dalam
Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan, kurang menghargai pendapat
siswa lain
2.
Aktif dalam
Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan, menghargai pendapat siswa lain
3.
Aktif dalam
Tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, dan menghargai pendapat
siswa lain.
|
3.
Instrumen soal pengetahuan
Soal uraian :
1.
Apa yang dimaksud dengan klasifikasi ?
2.
Apa tujuan diadakan pengelompokkan makhluk hidup?
3.
Jelaskan langkah-langkah pengelompokkan makhluk hidup?
4.
Sebutkan 3 sistem klasifikasi yang dipakai dalam pengelompokkan
makhluk hidup?
5.
Jelaskan dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup?
Jawaban:
1. adalah
pengelompokan aneka jenis hewan atau tumbuhan ke dalam kelompok tertentu.
2. Tujuan dari
pengelompokkan makhluk hidup adalah:
a.
mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
persamaan ciri-ciri yang dimiliki
b.
mendeskripsikan ciri-ciri suatu
jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang
lain
c.
mengetahui hubungan kekerabatan
antarmakhluk hidup
d.
memberi nama makhluk hidup yang
belum diketahui namanya
3.
Langkah-langkah:
a. Mengidentifikasi objek berdasar ciri-ciri struktur
tubuh makhluk hidup, misalnya, hewan atau tumbuhan yang sama jenis atau
spesiesnya.
b. Setelah kelompok spesies terbentuk, dapat dibentuk
kelompok-kelompok lain dari urutan tingkatan klasifikasi sebagai berikut:
1.
Dua atau
lebih spesies dengan ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson genus.
2.
Beberapa
genus yang memiliki ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson famili.
3.
Beberapa
famili dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson ordo.
4.
Beberapa
ordo dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson kelas.
Beberapa kelas dengan ciri tertentu dikelompokkan
untuk membentuk takson filum (untuk hewan) atau divisio (untuk
tumbuhan).
4.
Tiga sistem klasifikasi yaitu:
a.
Sistem artifisial / buatan
b.
Sistem natural / alami
c.
Sistem modern / filogenetik
5.
a. Klasifikasi makhluk hidup
berdasarkan persamaan dan perbedaan yang di milikinya.
b. Klasifikasi
makhluk hidup berdasarkan ciri bentuk tubuh ( morfologi ) dan alat adalam tubuh
( anatomi ).
c. Klasifikasi
makhluk hidup berdasarkan manfaat, ukuran, tempat hidup, dan cara hidupnya
4.
Rubik
penilaian
No
|
Uraian
|
Skor
|
Skor maksimal
|
1
|
- Jika jawaban benar
- Jika jawaban benar setengah
- Jika Jawaban salah
|
10
5
0
|
10
|
2
|
- Jika jawaban benar
- Jika jawaban benar setengah
- Jika Jawaban salah
|
25
12,5
0
|
25
|
3
|
- Jika jawaban benar
- Jika jawaban benar setengah
- Jika Jawaban salah
|
25
12,5
0
|
25
|
4
|
- Jika jawaban benar
- Jika jawaban benar setengah
- Jika Jawaban salah
|
10
5
0
|
10
|
5
|
- Jika jawaban benar
- Jika jawaban benar setengah
- Jika Jawaban salah
|
30
15
0
|
30
|
|
Total
|
100
|
100
|